Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis anti korupsi: Studi penelitian di SMK IT Al-Musyarofah Cianjur

Romadona, Sandi (2017) Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis anti korupsi: Studi penelitian di SMK IT Al-Musyarofah Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_babIpendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_babIIkajianpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_babIIImetodologipen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_babIVdesainkurikulum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_babVsimpulandanrekom.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian tesis ini adalah usaha untuk membendung derasnya arus prilaku korupsi, dalam membentuk kesadaran antikorupsi dengan menginternalisasikan nilai-nilai Islami melalui kurikulum PAI berbasis antikorupsi di sekolah sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana tujuan dari kurikulum PAI berbasis antikorupsi dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islami untuk membentuk kesadaran antikorupsi di sekolah. Juga mendeskripsikan bagaimana desain kurikulum PAI berbasis antikorupsi sehingga mampu menjadi solusi untuk membentuk kesadaran antikorupsi. Kerangka pemikiran yang melandasi penelitian ini adalah, bahwa Kurikulum PAI berbasis antikorupsi merupakan salah satu upaya untuk membentuk kesadaran peserta didik agar memiliki pribadi yang bermoral, berbudi pekerti luhur, dan bersusila sejak usia remaja. Sehingga diharapkan akan tumbuh karakter dengan nilai-nilai yang dapat melahirkan peserta didik yang anggun secara moral dan intelektual dalam kehidupan bersosial. Pendidikan merupakan suatu proses belajar dan penyesuaian individu secara terus menerus. Peranan pendidikan agama dalam pemahaman nilai-nilai Islami, sangat penting bagi pembentukan tatanan kehidupan sosial. Nilai-nilai yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai yang bernafaskan Islam yang diintegrasikan melalui desain kurikulum PAI berbasis antikorupsi. Penelitian ini merupakan penelitian natural dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analitik, yang bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis informasi melalui kajian literatur dengan menggunakan data kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari sumber primer dan sekunder. Dengan teknik pengumpulan datanya melalui obrsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan teknik berpikir deduktif-induktif. Hasil penelitian tesis ini dapat disimpulkan bahwa: 1). tujuan kurikulum PAI berbasis antikorupsi ini untuk membangun kesadaran antikorupsi di sekolah dengan tahapan; Pertama, tahap transformasi nilai. Kedua, tahap transaksi nilai. Ketiga, tahap transinternalisasi; 2). materi kurikulum PAI berbasis antikorupsi adalah internalisasi nilai-nilai Islam yaitu, Nilai-Nilai Islami dalam Kejujuran, Nilai-Nilai Islami dalam Keadilan, Nilai-Nilai Islami dalam Tanggungjawab dan Amanah, Nilai-Nilai Islami dalam Kerja Keras, Nilai-Nilai Islami dalam Istiqomah, Nilai-Nilai Islami dalam Ikhlas, dan Nilai-Nilai Islami dalam Sabar, 3). Implemetasi kurikulum PAI berbasis antikorupsi melalui tahapan danmetodologi dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islami antikorupsi yang dapat menjadi salah satu solusi alternatif antisipatif dalam membentuk kesadaran antikorupsi peserta didik di sekolah. 4). Mampu menhasilkan konsep evaluasi penilaian melalui desain kurikulum PAI berbasis antikorupsi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berbasis; Antikorupsi; Pendidikan; Kurikulum PAI
Subjects: Religious Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Curricula > Curriculum Development
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fardan Abdul Basith fardan
Date Deposited: 06 Jun 2018 07:05
Last Modified: 12 Jan 2022 04:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item