Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Monitor LED sebagai Media Pembelajaran Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian terhadap Siswa Kelas VII-A dan VII-D SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru

Nurfalah, Neneng (2018) Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Monitor LED sebagai Media Pembelajaran Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian terhadap Siswa Kelas VII-A dan VII-D SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hal yang menarik yang penulis temui di SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Pasalnya sekolah ini sudah memiliki fasilitas belajar yang cukup memadai. Salah satunya ketersediaan monitor LED di setiap ruangan kelas. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang penulis lakukan, diketahui hasil belajar kognitif siswa relatif baik. Daripada itu penulis ingin meneliti lebih dalam mengenai keterkaitan penggunaan monitor LED sebagai media pembelajaran dengan hasil belajar kognitif siswa SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan monitor LED sebagai media pembelajaran, 2) realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, dan 3) realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan monitor LED sebagai media pembelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan monitor LED dalam pembelajaran. Dari asumsi tersebut dapat diajukan hipotesis, semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan monitor LED sebagai media pembelajaran, maka semakin baik pula hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Alat pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu berupa angket, tes, observasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis statistik untuk data kuantitatif, dan analisis logika untuk data kualitatif. Subjek/ responden dalam penelitian ini berjumlah 57 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan monitor LED sebagai media pembelajaran termasuk kategori tinggi, yaitu dengan nilai rata-rata 3,40 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti termasuk kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata 84,21 yang berada pada interval 80-100. Adapun mengenai hubungan antara keduanya, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung (0,074) < t tabel (1,673). Hal ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak atau dengan kata lain tidak terdapat hubungan yang positif signifikan antara kedua variabel. Adapun koefisien korelasinya yaitu sebesar 0,01 yang berada pada interval 0,00 - 0,19. Artinya hubungan antara kedua variabel termasuk pada kategori korelasi sangat rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan;Hasil belajar kognitif;Monitor LED
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neneng Nurfalah
Date Deposited: 06 Jun 2018 07:46
Last Modified: 06 Jun 2018 07:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item