Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di kelas IV MI AlMisbah Kota Bandung

faridah, hana (2017) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di kelas IV MI AlMisbah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan yang terdapat pada mata pelajaran IPS dikelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung terlihat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, disebabkan oleh pembelajaran IPS cenderung pasif dan tidak komunikatif pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hal ini terlihat dengan hasil belajar peserta didik yang masih rendah disebabkan pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher center) dan tidak berpusat pada peserta didik (student center). sehingga peserta didik kurang antusias dan proses belajar menjenuhkan sehingga peserta didik merasa sulit dalam memahami materi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Realitas hasil belajar kognitif peserta didik sebelum penerapan model Coperative Learning tipe Think Pair Share terhadap mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi; (2) Realitas penerapan model Coperative Learning tipe Think Pair Share terhadap mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi setiap siklus; (3) Realitas hasil belajar kognitif peserta didik sesudah penerapan model Coperative Learning tipe Think Pair Share terhadap mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi pada setiap siklus. Model pembelajaran Coperative Learning tipe Think Pair Share merupakan suatu model pembelajaran untuk mengembangkan pemahaman dan sikap yang menuntut peserta didik agar belajar berkelompok serta salah satu faktor ampuh dalam meningkatkan respon terhadap pertanyaan sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan melakukan pra siklus, siklus I dan siklus II pada setiap siklus dilakukan empat tahapan yakni penyusunan rencana, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi hasil belajar kognitif peserta didik pada setiap siklusnya semesntara yang dijadikan subjek penelitia ini adalah peserta didik kelas IV MI Al- Misbah Kota Bandung yang berjumlah 25 orang peserta didik terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus proses pembelajaran tanpa menerapkan model Coperative Learning tipe Think Pair Share rata rata nilai hasil belajar peserta didik 59,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 32%. Pada siklus II proses pembelajarannya menerapkan model Coperative Learning tipe Think Pair Share rata rata nilai hasil belajar peserta didik 73,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 72%. Pada siklus II proses pembelajarannya menerapkan model Coperative Learning tipe Think Pair Share rata rata nilai hasil belajar peserta didik 87,12 dengan ketuntasan belajar klasikal 92%. Hasil belajar kognitif tersebut menunjukan adanya peningkatan dari pra siklus sampai siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa model Coperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Think Pair Share; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: faridah hana
Date Deposited: 06 Jun 2018 06:40
Last Modified: 06 Jun 2018 06:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item