Pengaruh pendapatan bersih istishna' pararel dan pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional di PT. Bank Muamalat Indonesia periode 2014-2016

Alfi, Firhand Ti Zaid (2018) Pengaruh pendapatan bersih istishna' pararel dan pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional di PT. Bank Muamalat Indonesia periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari teori bahwa pendapatan bersih istishna’ pararel dan pendapatan margin murabahah berpengaruh terhadap jumlah laba operasional di PT. Bank Muamalat Indonesia. Penelitian ini difokuskan untuk mengukur berapa besar pengaruh pendapatan bersih istishna’ pararel terhadap laba operasional dan pengaruh pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional, serta pengaruh pendapatan bersih istishna’ pararel dan pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional di PT. Bank Muamalat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pendapatan bersih istishna’ pararel terhadap laba operasional, 2) pengaruh pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional, 3) pengaruh pendapatan bersih istishna’ pararel dan pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional di PT. Bank Muamalat Indonesia Periode 2014-2016. Pendapatan bersih istishna’ pararel adalah semua keuntungan yang berupa selisih positif dari total pendapatan dengan total biaya yang ada pada akad istishna’ pararel yang dihitung setelah akad selesai ketika barang pesanan sudah diserahkan kepada pembeli. Pendapatan margin murabahah adalah pendapatan dari selisih harga yang di¬tangguhkan atas transaksi jual beli yang menyatakan harga perolehannya. Laba operasional adalah pendapatan atau keuntungan yang berasal dari seluruh kegiatan utama perusahaan dalam kurun waktu tertentu Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis determinasi, analisis uji t (parsial), dan analisis uji F (simultan). Hasil perhitungan statistik secara parsial menunjukkan bahwa: 1) Hasil Pengujian Hipotesis menunjukan bahwa thitung < ttabel (1,367 < 1,812) dengan nilai signifikansi 0,202>0,05 yang artinya Ho diterima dan Ha1 ditolak, maka secara parsial pendapatan bersih istishna’ pararel tidak berpengaruh atau tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap laba operasional, 2) Pengujian Hipotesis menunjukan hasil thitung < ttabel (0,404 < 1,812) dengan nilai signifikansi 0,695 > 0,05 yang artinya Ho diterima dan Ha2 ditolak, maka secara parsial Pendapatan margin murabahah tidak berpengaruh atau tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap laba operasional, 3) Pengujian Hipotesis menunjukan hasil Fhitung < Ftabel (2,186 < 4,10) dengan nilai signifikansi 0,168 > 0,05 yang berarti Ho diterima Ha3 ditolak, maka secara simultan pendapatan bersih istishna’ pararel dan Pendapatan margin murabahah tidak berpengaruh atau tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap laba operasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bersih Istishna’ Pararel; Pendapatan Margin Murabahah; dan Laba Operasional
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banking Services
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Mr. Firhand Ti Zaid Alfi
Date Deposited: 05 Jun 2018 03:33
Last Modified: 05 Jun 2018 03:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10030

Actions (login required)

View Item View Item