Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Asset (ROA) terhadap Return Saham Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII); Studi di PT. Unilever Indonesia,Tbk Periode 2008-2016

Handoko, Juli (2018) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Asset (ROA) terhadap Return Saham Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII); Studi di PT. Unilever Indonesia,Tbk Periode 2008-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati BAndung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dibatarbelakangi oleh investor dengan menggunakan berbagai cara untuk memperoleh return yang diharapkan, baik melalui analisis sendiri terhadap perilaku perdagangan saham, maupun dengan manfaat sarana yang diberikan oleh para analisis pasar modal. Beberapa cara dapat dilakukan oleh para investor diantaranya adalah Net Profit Margin (NPM) dan Return On Asset (ROA) merupakan rasio profitabilitas untuk mengukur tingkat laba bersih. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Asset (ROA) secara parsial terhadap Return Saham dan untuk menguji pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Asset (ROA) secara bersama-sama (simultan) terhadap Return Saham. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) yaitu pada perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2008-2016. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan menggunakan analisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment (PPM), koefisien determinasi, dan uji t serta dengan analisis secara simultan yaitu dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan uji F. Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 25. Data yang digunakan adalah data sekunder dari PT. Unilever Indonesia Tbk. periode 2008-2016. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Net Profit Margin (NPM) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap return Saham. Dengan membandingkan nilai thitung < ttabel yaitu 0,579 < 2,364624 yang menghasilkan nilai sebesar 4,6%. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara Return On Asset (ROA) secara parsial terhadap Return Saham dengan membandingkan nilai thitung < ttabel yaitu 0,673 < 2,364624 dengan menghasilkan nilai sebesar 6,1%. Hasil pengujian hipotesis net Profit Margin (NPM) da Return On Asset (ROA) menunjukkan hasil sebesar 10% dengan hasil perbandingan Fhitung < Ftabel yaitu 0,335 < 5,1433 yang artinya secara simultan Net Profit Margin (NPM) dan Return On Asset (ROA) berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2008-2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM); Return On Asset (ROA); Return Saham;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Financial Economics, Finance
Production, Industrial Economics > General Production Economics, Firm
Accounting > Financial Reporting
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Juli Handoko
Date Deposited: 06 Jun 2018 07:17
Last Modified: 06 Jun 2018 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item