Pengaruh Beban Komisi dan Beban Pemasaran terhadap Laba Bersih Perusahaan pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah

Nurani, Regina (2018) Pengaruh Beban Komisi dan Beban Pemasaran terhadap Laba Bersih Perusahaan pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy

Abstract

Asuransi syariah muncul sebagai solusi dari keresahan masyarakat, khususnya kaum muslim, yang ragu akan kehalalan asuransi konvensional. Adanya unsur maysir, gharar, dan riba dalam praktik operasionalnya, menjadikan hukum asuransi konvensional diragukan dan menjadi haram. Asuransi syariah adalah asuransi berdasarkan prinsip syariah dengan usaha tolong-menolong (ta’awun) dan saling melindungi (takaful) diantara para peserta melalui pembentuan kumpulan dana (dana tabarru’) yang dikelola sesuai prinsip syariah untuk menghadapi berbagai risiko tertentu. Seperti lembaga keuangan lainnya, dalam kegiatan operasional perusahaan asuransi syariah juga terdapat beberapa beban. Salah satu beban yang ada dalam asuransi syariah adalah beban komisi dan beban pemasaran. Adapun keberadaan beban ini dapat mempengaruhi laba bersih yang akan di dapat perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban komisi terhadap laba bersih pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah secara parsial, mengetahui pengaruh beban pemasaran terhadap laba bersih pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah secara parsial, dan mengetahui pengaruh beban komisi dan beban pemasaran terhadap laba bersih pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan triwulanan periode 2014-2016 pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah. Tehnik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 16.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh beban komisi terhadap laba bersih adalah 0,757 atau 75,70% dan pengaruh beban pemasaran terhadap laba bersih adalah 0,016 atau 1,65% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh beban komisi dan beban pemasaran terhadap laba bersih adalah sebesar 0,767 atau 76,75% sedangkan sisanya 23,25% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung 14,852 yang lebih besar daripada Ftabel yaitu 4,26. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara beban komisi dan beban pemasaran terhadap laba bersih perusahaan pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Beban Komisi; Beban Pemasaran; Laba Bersih Perusahaan
Subjects: Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Regina Nurani
Date Deposited: 04 Jun 2018 02:31
Last Modified: 04 Jun 2018 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10023

Actions (login required)

View Item View Item