Pengaruh Penggunaan Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian Pada Siswa Kelas X SMA Mekar Arum Bandung

Fitri, Ulfah Nurul (2018) Pengaruh Penggunaan Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian Pada Siswa Kelas X SMA Mekar Arum Bandung. Diploma thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy

Abstract

Selama ini mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti mengalami banyak kritikan dari orangtua siswa. Disebabkan kurang efektifnya pembelajaran dalam membentuk watak dan kepribadian siswa. Hal ini terjadi karena guru lebih sering menggunakan model pembelajaran yang konvensional seperti ceramah, sehingga siswa hanya sebagai pendengar saja. Hal ini membuat siswa malas mengikuti pembelajaran dan membuat rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Oleh karena itu peneliti menggunakan model generative learning untuk mengatasi permasalahan tersebut. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) penggunaan model generative learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan model generative learning 3) pengaruh penggunaan model generative learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penerapan pembelajaran konstruktivisme, dimana siswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran, pendekatan ini juga diharapkan dapat merangsang dan memberikan peluang kepada peserta didik untuk lebih aktif belajar, berpikir inovatif, dan mengembangkan potensinya secara optimal. Model pembelajaran yang sejalan dengan teori belajar konstruktivisme adalah model generative learning, model pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penggunaan model generative learning memiliki tujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran agar menjadi bermakna bagi siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis dan pembahasan hasil penelitian, maka dikemukakan kesimpulan “model generative learning tidak berpengaruh 100% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Artinya apabila guru menggunakan model generative learning maka hasil belajar siswa tidak semua meningkat”. Dari hasil analisis data yang disebarkan kepada 38 responden, diketahui: 1) pengaruh penggunaan model generative learning termasuk pada klasifikasi tinggi, dengan perolehan nilai rata-rata variabel X adalah 4,23 (pada interval 3,5 – 4,5), 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti diklasifikasi amat baik, dengan perolehan nilai 89,90 (pada interval 80 – 100). 3) pengaruh antara keduanya yaitu : a) didapat nilai koefisien korelasi sebesar 0,468 dengan nilai signifikansi p = 0,003, artinya secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara model generative learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti b) model generative learning menunjukan hubungan positif dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, nilai r = 0,468 terletak pada interval 0,40 ≤ r < 0,599 artinya memiliki tingkat hubungan yang sedang c) pengaruhnya sebesar 21,9% nilai tersebut berada pada interval 17% ≤ P2 < 49% artinya pengaruhnya cukup berarti. Kata kunci : Model Generative Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Generative Learning; Hasil Belajar
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfah Nurul Fitri
Date Deposited: 31 May 2018 07:36
Last Modified: 31 May 2018 07:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10000

Actions (login required)

View Item View Item